10 Cara Mengobati Gusi Bengkak Dengan Mudah

Penyebab masalah pada mulut bukan hanya sakit gigi atau sariawan saja, salah satunya adalah masalah pada gusi. Sehingga banyak orang yang mencari cara mengobati gusi bengkak karena penyakit yang satu ini juga sangat menyiksa.

Gusi merupakan bagian tubuh yang posisinya berada dalam mulut, yang terdiri atas jaringan mukosa yang menutupi tulang alveolar dalam rongga mulut. Gusi ini mempunyai warna merah muda, yang memandakan adanya pembuluh darah di dalamnya.

 

10 Cara Mengobati Gusi Bengkak

Sebelum menerapkan salah satu cara mengobati gusi bengkak sebaiknya Anda mengetahui terlebih dahulu penyebabnya. Sehingga dapat memilih cara yang terbaik untuk mencoba mengobatinya. Karena memang ada beberapa penyebab dan sekaligus cara untuk mengobatinya dengan lebih efektif.

  • Cara Mengobati Gusi Bengkak Dengan  Kompres 

Ketika mengalami gusi bengkak tanpa rasa nyeri dan sensasi berdenyut Anda dapat mengatasinya dengan kompres es batu. Dinginnya es batu dapat membantu mengurangi pembengkakan pada gusi. Namun, kalau ada rasa berdenyut sebaiknya dikompres dengan air hangat.

  • Cara Mengobati Gusi Bengkak Dengan Air Garam

Cara mengobati gusi bengkak berikutnya adalah berkumur dengan air garam. Cara ini dipercaya dapat membantu mengurangi peradangan dan mencegah pertumbuhan bakteri di dalam mulut yang mengakibatkan gusi menjadi bengkak. 

  • Cara Mengobati Gusi Bengkak Dengan Asam Jawa

Mungkin banyak yang belum tahu bahwa asam jawa juga sangat efektif mengatasi gusi bengkak karena mengandung antiseptik alami. Cara cukup mudah tempelkan pada gigi biji asam jawa yang sudah disangrai sebelumnya.

  • Cara Mengobati Gusi Bengkak Dengan Serai

Serai juga merupakan salah satu bahan yang efektif untuk mengatasi gusi bengkak. Anda cukup merebus 2 tangkai serai dan menggunakan air rebusannya untuk berkumur segera. Ulangi sampai beberapa kali untuk meringankan rasa sakit.

  • Cara Mengobati Gusi Bengkak Dengan Air Jahe

Cara mengobati gusi bengkak juga dapat dapat dilakukan dengan menggunakan air perasan jahe. Gunakan air tersebut untuk berkumur karena dapat membantu melenyapkan bakteri jahat di dalam mulut. 

  • Cara Mengobati Gusi Bengkak Dengan Daun Jambu Biji

Cara selanjutnya adalah dengan menggunakan daun jambu biji karena mengandung anti bakteri yang dapat melindungi mulut. Anda tinggal merebus daun jambu biji dan menggunkannya untuk berkumur secara teratur.

  • Cara Mengobati Gusi Bengkak Dengan Bawang Merah

Bawang merah juga sangat ampuh untuk mengatasi gusi bengkak karena mengandung antiseptik alami. Tumbuk 1 siung bawang merah dengan satu sendok teh garam sampai halus. Kemudian tempelkan pada gusi yang bengkak selama beberapa waktu. 

  • Cara Mengobati Gusi Bengkak Dengan Bawang Putih

Sama seperti bawang merah, bawang putih juga mengandung antiseptik alami sehingga dapat digunakan untuk mengatasi gigi bengkak. Anda hanya perlu menumbuk 1 siung bawang putih dan 1 sendok teh garam. Haluskan keduanya dan tempelkan pada gusi yang sakit.

  • Cara Mengobati Gusi Bengkak Dengan Belimbing Wuluh 

Cara mengobati gusi bengkak juga dapat dilakukan dengan menggunakan belimbing wuluh. Pilih yang belum matang benar namun cukup besar dan tumbuk sampai halus. Hasilnya oleskan pada bagian gusi yang bengkak tersebut.

  • Cara Mengobati Gusi Bengkak Menggunakan Minyak Cengkeh

Minyak cengkeh juga cukup ampuh dalam mengatasi gusi bengkak dan megurangi peradangan. Caranya adalah dengan mengoleskan minyak cengkeh tersebut pada gusi kemudian berkumur dengan air yang sudah ditetesi minyak cengkeh.

Masih banyak cara lain yang dapat digunakan selain 10 cara mengobati gusi bengkak diatas. Namun cara tersebut sudah sangat ampuh ketika Anda praktekkan dengan benar. Kalau masih terus nyeri tanpa reda sebaiknya konsultasi dengan dokter agar tidak semakin parah.

Recommended Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.