5 Jajanan Borobudur yang Enak dan Jangan Dilewatkan

Jajanan Borobudur atau makanan yang dijual di sekitar Candi Borobudur ternyata sangat menarik dan khas sekali. Rasanya kalau sedang berada di Borobudur jajanan-jajanan yang ada di daftar ini akan sayang sekali jika dilewatkan begitu saja.

Candi Borobudur memang dikenal dengan destinasi sejarah dengan bangunan yang amat megah. Namun ternyata destinasi Candi Borobudur juga menyimpan beragam kuliner yang sangatlah khas, apa sajakah itu?

 Jajanan Borobudur yang Enak

1. Ndas Beong

Kuliner satu ini hanya bisa Anda temukan di Magelang karena ikan beong hanya ada di adalah Sungai Progo. Ikan beong tidak bisa Anda temukan di daerah lain. Ketika Anda bingung mencari kuliner khas Borobudur, maka ndas beong ini merupakan pilihan yang tepat.

Ndas beong dimasak menggunakan rempah-rempah lengkap dan menghasilkan tekstur yang lembut dan rasa yang sedap. Ndas Beong juga memiliki rasa pedas yang sangat khas. Bagi yang ingin menikmati Ndas Beong, belilah di Warung Makan Sehati. Warung ini dekat sekali dengan Borobudur.

2. Sop Senerek

Hanya memakan waktu beberapa menit saja dari kawasan Candi Borobudur, Anda bisa makan Sop Senerek. Bingung apa itu sop senerek? Jadi, kuliner satu ini adalah sop iga sapi yang tidak hanya terdiri dari iga atau daging sapi saja, melainkan juga ada kacang merah atau sayuran lainnya.

Jajanan Borobudur satu ini sangat enak, pedas dan kuahnya berwarna bening. Makanan satu ini menjadi yang paling disukai bahkan sejak masa penjajahan. Sop Senerek Pak Parto adalah yang paling banyak dikunjungi oleh wisatawan karena dikenal dengan rasanya yang enak. Sop ini bisa ditemukan di Jalan Jenderal Sudirman.

3. Nasi Lesah

Kuliner yang hanya bisa Anda temukan di sekitar Borobudur atau area Magelang adalah nasi lesah. Kuliner lokal satu ini sangat digemari oleh para wisatawan karena rasanya yang enak, mirip seperti soto namun kuahnya dari santan kelapa. Salah satu warung yang menjual nasi lesah enak adalah Nasi Lesah Pak Badut.

4. Sego Godog

Mungkin aneh rasanya ketika mendengar nama sego godog karena rata-rata yang digodog atau direbus adalah mie. Namun, ada lho makanan khas Magelang bernama sego godog yang terkenal dan selalu diburu oleh wisatawan.

Jadi, sajian makanan satu ini isinya adalah nasi dan direndam dengan kuah pedas dan berempah. Lalu nasi tersebut diisi dengan suwiran ayam, irisan kol, telur, wortel, seledri dan ditaburi dengan bawang merah.

4. Kupat Tahu

Kuliner terakhir di sekitar Borobudur yang jangan sampai terlewatkan untuk Anda nikmati adalah Kupat Tahu. Satu mangkok kupat tahu sendiri diisi dengan ketupat, bakwan, mi, kubis dan potongan tahu.

Makanan enak ini kemudian disiram menggunakan sambal kacang dan ditaburi dengan kerupuk. Kupat tahu adalah sajian yang sayang sekali dilewatkan kalau sudah di Magelang.

Mau berwisata ke manapun, pastikan Anda tidak meninggalkan kuliner atau tempat nongkrongnya untuk mencicipi makanan khas di sana. Coffee shop 24 jam di Bali juga turut menyediakan makanan khas daerah sana. Demikian pula dengan warung-warung di sekitar Borobudur, menyediakan makanan lokal yang enak. Kalau sudah di Magelang, jajanan Borobudur di atas harus dicicipi!

Recommended Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.