6 Manfaat Habbatussauda Untuk Anak

Jintan hitam merupakan tumbuhan kecil yang tumbuh di Asia Barat Daya, Timur Tengah, dan Eropa Selatan. Banyak manfaat Habbatussauda yang bisa Anda dapatkan untuk kesehatan tubuh. Nama lain yang biasa digunakan yaitu, nigella, bunga adas atau ketumbar Romawi.

Mengenal Kandungan Habbatussauda

Habbatussauda berupa minyak merupakan hasil ekstrak biji N Sativa yang telah digunakan sebagai obat tradisional lebih dari 2000 tahun. Banyak manfaat terapeutik dari jintan hitam, seperti pengobatan asma dan membantu menurunkan berat badan.

Jika Anda mengoleskan minyak Habbatussauda akan memberi manfaat pada kulit rambut. Penggunaan minyak jintan hitam ini bahkan telah ditemukan di makam raja Tut. Salah satu komponen utama yang terdapat pada jantan hitam yaitu thymoquinon. 

Senyawa tersebut bersifat antioksidan sehingga mendukung beberapa manfaat kesehatan. Namun, bukan berarti tanaman herbal ini cocok digunakan untuk semua orang. 

Ada beberapa efek samping yang harus anda waspadai terdapat beberapa efek samping setelah mengkonsumsinya misalnya mual muntah dan akan bereaksi jika dicampur dengan obat lain.

Manfaat Habbatussauda Untuk Anak

Mungkin belum banyak yang tahu bahwa manfaat Habbatussauda juga bisa dirasakan oleh anak-anak. Namun perlu Anda ingat sebaiknya memberikan Habbatussauda kepada anak yang telah berusia di atas 1 tahun.

Berikut ini beberapa manfaat jika bahan herbal ini dikonsumsi oleh anak secara rutin,antara lain:

Sumber Energi dan Kalsium Tinggi

Anda bisa memberikan Habbatussauda setiap hari sebelum anak memulai aktivitas sebagai sumber energi. Khasiat bisa anda dapat dari jumlah kalori Habbatussauda yang sangat tinggi. 

Jintan hitam atau Habbatussauda ini memiliki jumlah kalsium 60 mg untuk memenuhi asupan kalsium sehari-hari. Sehingga berperan juga menguatkan tulang pada anak.

Meredakan Perut Kembung

Selain itu manfaatkan ekstrak jintan hitam sebagai obat pereda kembung pada anak.  Sebab, ada kandungan minyak atsiri dalam jintan hitam yang Anda gunakan untuk memperbaiki sistem pencernaan yang sedang bermasalah. Setelah mengkonsumsi Habbatussauda, maka kelebihan gas pada perut akan segera teratasi.

Meningkatkan Daya Ingat

Setelah rutin mengkonsumsi Habbatussauda setiap pagi, akan membantu anak lebih berkonsentrasi serta meningkatkan daya ingat. Manfaat tersebut bisa anda dapatkan dari kandungan asam linoleat yang ada pada Habbatussauda. Fungsi asam linoleat akan mampu menyeimbangkan kinerja otak pada anak.

Menjaga Kesehatan Gigi

Jika anak Anda memiliki masalah dengan Gigi, solusi terbaik dengan memberikan Habbatussauda. Jika terjadi pembengkakan dan pendarahan pada gusi, anak hanya perlu mengkonsumsi jintan hitam secara rutin setidaknya dua kali dalam sehari.

Mencegah Epilepsi

Tidak hanya orang dewasa saja yang rentan mengalami kejang otot, melainkan anak-anak juga bisa mengalaminya tidak untuk mengatasi hal tersebut. Anda bisa memberikan Habbatussauda kepada anak setiap 8 jam selama 4 Minggu. 

Menurut Hasil studi yang diterbitkan oleh Medical Science Monitor, manfaat Jintan hitam secara efektif bisa mengurangi frekuensi kejang pada anak. Selain itu, mengkonsumsi jintan hitam secara rutin bisa menjaga kesehatan jasmani anak serta mencegah dari resiko penyakit lainnya.

Menyembuhkan Asma 

Selanjutnya, jintan hitam juga bermanfaat sebagai obat herbal untuk menyembuhkan asma serta alergi. Khasiat ini telah terbukti pada studi yang diterbitkan oleh American journal of Otolaryngology pada tahun 2011. 

Dalam jurnal menyebutkan bahwa penderita asma yang mengkonsumsi jintan hitam bisa mengontrol sesak napas. Khasiat tersebut berlaku juga untuk anak-anak selain asma. Selain itu jantan hitam juga bisa menangani masalah alergi.

 

Pahami manfaat Habbatussauda pada anak serta bagaimana cara yang tepat untuk mengkonsumsinya. Sehingga bisa mendapatkan manfaat untuk kesehatan tubuh anak.

Recommended Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.