Profile
Profile
Photos
Map
Reviews
Related Listing
  • ABR (Aneka Bumbu RAJA) adalah usaha pembuatan bumbu praktis, siap pakai dan alami untuk berbagai jenis masakan tradisional Indonesia.

    Awal Mula Usaha

    Awalnya membuat produk ayam bakar di rumah dan dijual keliling oleh suami. Waktu musim kurban hampir dua minggu libur karena tidak laku. Muncul ide, daripada libur jualan, mending menjual bumbu sate saja lengkap dengan tusuknya. Dan ternyata laku keras. Selanjutnya setiap musim kurban, kami menjual bumbu sate lengkap sama tusuknya. Semakin tahun semakin meningkat produksinya dan selepas musim kurban, kami kembali menjual ayam bakar, retur bumbu digunakan sebagai bumbu ayam bakar.

    Perjalanan Usaha

    Kata kendala, tantangan dan kemajuan/prestasi bagi pengusaha merupakan kemestian yang harus dijalani. Ada kendala dijadikan tantangan. Tantangan dihadapi dengan sabar dan gigih mencari solusi membuahkam kemajuan dan prestasi.  Alhamdulillah kendala awal dulu packing manual, diplastik kemudian ditali. Merk ditulis tangan satu lembar penuh dan difotokopi. Seiring bertambahnya jumlah produksi menjadi kewalahan. Kemudian ganti memakai hand sealler dan label cetak sablon sehingga menjadi lebih efisien. Pada tahun 2010 terjadi bencana alam erupsi merapi, dan bumbu yang sudah didistribudikan di wilayah bantul ternyata daging kurban diperbantukan di lokasi bencana (Sleman), sehingga warga bantul banyak yang tidak masak daging. Maka hampir 80 persen bumbu retur, modal tidak kembali, dan bumbu retur yang biasa digunakan untuk berjualan ayam bakar terlalu banyak. Setahun jelas sisa banyak.

    Selanjutnya muncul ide jual bumbu harian dan bermacam macam jenis bumbu, sehingga jual bumbu bisa setiap hari, dan panen rayanya di musim kurban. Ada bencana tidak ada bencana tetap laku dan sekarang produk di musim kurban mengalami pentok, mau menambah omset terkendala oleh sdm yang dimiliki karena proses penumbukan bumbu masih dilakukan secara manual dan dikerjakan oleh manusia. Sering di saat harus produksi orangnya sakit atau merawat keluarganya yang sakit bersamaan hajatan tetangga dll yang mengakibatkan produksi tidak bisa mencapai target. Begitu juga untuk packing. Maka untuk memenuhi permintaan dan pengembangan pasar dibutuhkan efisiensi produksi. Dan produksi bumbu dalam hal ini butuh:

    1. Mesin deplok bumbu yang kekuatannya sebesar tenaga manusia
    2. Mesin packing bumbu pasta otomatis.

     

    Saat ini jumlah karyawan pendeplok 1 orang, bagian packing 2 orang, bagian distribusi 1 orang dan karyawan tidak tetap (pada musin kurban). Jumlah produksi per bulan selain sate, sekitar 2000 pcs. Jumlah produksi di musim kurban untuk bumbu sate 6200 pcs dan bumbu selain sate 6000 pcs. Pemasaran dilakukan dengan cara dititipkan ke warung-warung dan supermaket. Juga dengan cara dijual curah dengan pembayaran tunai, biasa untuk warung dan hajatan.

    Target yang ingin dicapai satu tahun kedepan

    1. Mendapatkan tehnologi untuk efisiensi produksi
    2. Pengopitimalan pasar yang sudah berjalan
    3. Legalitas halal(sedang proses)

     

    Dua tahun kedepan melakukan pengembangan pasar. Saat ini omset/bulan 3 s/d 5jt dan omset musim kurban 60 jt. Target 10 tahun kedepan bisa melakukan produksi setiap hari 500 pcs dan memiliki pabrik yang go nasional dan internasional.

    Jenis Produk

    Bumbu ABR sangat praktis. Jenis jenisnya:

    1. Bumbu sate
    2. Bumbu gule
    3. Bumbu tongseng
    4. Bumbu sop
    5. Bumbu soto
    6. Bumbu rendang
    7. Bumbu opor
    8. Bumbu brongkos,rawon
    9. Bumbu ungkep ayam goreng

     

    Keunggulan Produk

    1. Lengkap
    2. Praktis (tinggal pakai)
    3. Ada petunjuk pemakaian
    4. Sacetan sekali pakai
    5. Alami (tidak memakai bahan tambahan dan baham pengawet buatan)
    6. Bisa dikreasikan untuk masakan lain misal bumbu soto dapat digunakan untuk bumbu mendoan dst.

     

    Profil Wirausaha

    Nama: Siti Aisah

    Siti Aisah

    Siti Aisah adalah seorang ibu rumah tangga yang lingkup kerjanya seputar pekerjaan rumah, merawat dan mengerjakan pekerjaan rumah tangga. Karena suami perlu dibantu dalam mencari nafkah maka siti membuat produk masakan di rumah yang bisa dijual oleh suami.

  • No Records Found

    Sorry, no records were found. Please adjust your search criteria and try again.

    Google Map Not Loaded

    Sorry, unable to load Google Maps API.

  • Leave a Review

    Your email address will not be published. Required fields are marked *

Place Category: Makanan