Profile
Profile
Photos
Map
Reviews
Related Listing
  • Butik Sasmaya adalah butik yang menjual brand-brand busana muslim branded premium untuk perempuan, laki-laki, dan beberapa model sarimbit keluarga. Usaha ini dikelola oleh ibu Arina Manasikana yang mendapat dukungan penuh dari sang suami.

    Awal Mula Usaha

    Saya memulai berbisnis karena mulai dilanda kebosanan saat harus ngantor berangkat pagi pulang sore. Ditambah dengan adanya perubahan regulasi pemerintah yang mengubah buku teks sekolah menjadi buku elektronik dengan langsung membeli hak cipta dari penulis kemudian bisa diunduh secara gratis di laman Kemendiknas. Pada tahun 2009 dimulai dengan door to door menawarkan barang ke beberapa toko busana muslim. Lalu mulai melirik pemasaran online lewat blogspot dan facebook saat olshop belum sebanyak sekarang karena keterbatasan modal. Akhirnya, berdirilah Butik Sasmaya sebagai butik online yang saya dan suami kerjakan di sela-sela jam kantor dan malam hari. Alhamdulillah ternyata respon dari kedua platform tersebut sangat bagus hingga permintaan membludak.

    Saya memutuskan resign dan menekuni bisnis online hanya dari kontrakan dimulai dengan satu kamar kecil sebagai gudang. Tahun 2011 akhirnya menyewa ruko sebagai butik offline dan gudang karena banyak permintaan customer yang menginginkan datang secara langsung. Di tahun ini pula website www.ButikSasmaya.com mulai diluncurkan dan Alhamdulillah respon customer sangat bagus hingga penjualan bisa merambah ke beberapa negara tetangga dan seluruh pelosok Indonesia. Selain melayani customer retail, Butik Sasmaya juga mengambil positioning sebagai distributor beberapa brand busana muslim premium yang melayani keagenan dan reseller. Saat ini ada 50 agen dan reseller aktif yang tergabung dalam tim ButikSasmaya.com dan tersebar di beberapa kota sebagai jaringan pemasaran. Di sinilah sekaligus menjawab tantangan saya sebagai owner untuk bisa menebar manfaat dengan bekerja bersama lebih banyak tim baik karyawan maupun reseller, serta lebih memberdayakan perempuan dengan berbisnis online bisa berpenghasilan dari rumah.

    Perjalanan Usaha

    Berbisnis tak selalu mulus, pasti ada naik-turun, pernah rugi namun juga sesekali untung besar. Pebisnis haruslah bermental baja dan tiada kenal frasa putus asa. Saya lebih suka menyebut kendala dengan tantangan, baik internal maupun eksternal.

    Tantangan internal:

    1. Harus pandai membagi peran saya antara istri, ibu bagi anak-anak, bisnis, dan kegiatan sosial. Manajemen waktu yang baik, tidak mudah baper, konsisten dan disiplin terus menerus bertumbuh melalui bisnis adalah hal wajib setiap harinya.
    2. Latar belakang keilmuan saya dan suami yang bukan dari bisnis mengharuskan kami belajar terus menerus otodidak dan learning by doing. Dengan berbisnis banyak hal yang harus kami pelajari secara langsung misalnya akunting, leadership, pengelolaan SDM, pemasaran dll.

    Tantangan eksternal:

    1. Kecepatan perkembangan informasi dan teknologi bagaimanapun tidak bisa dibendung. Hal ini juga berpengaruh terhadap perubahan pola perilaku konsumen dan gaya hidup/belanja. Butik Sasmaya sebagai butik online dituntut terus menerus update dalam hal teknologi pemasarannya. Banyak platform yang kita pakai antara lain website, sosial media, marketplace, dan aplikasi di Playstore
    2. Perkembangan kompetitor merupakan sesuatu yang tak bisa dielakkan. Semakin kesini, makin banyak bermunculan online shop sejenis. Hal ini membuat kita harus makin tangguh, makin banyak memberi value dan service excellent kepada customer.
    3. Bertransformasi di era industri 4.0, Butik Sasmaya juga dituntut menjadi “digital company” yang berkelanjutan. Ini sebuah PR besar dimana kegiatan digital tidak hanya dalam proses pemasarannya namun juga prosesnya.
    4. Sebaik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi sesamanya. Demikian juga Butik Sasmaya diharuskan turut menebar “kemaslahatan umum” baik dalam program charity maupun sejenisnya.

     

    Selain tantangan tersebut, dalam perjalanannya Butik Sasmaya juga jatuh bangun dan pernah mengalami musibah dengan kerugian ratusan juta. Alih-alih berhenti, kami justru bangkit dan tegak menganggap hal tersebut adalah ujian naik kelas.

    Saat ini jumlah karyawan sebanyak 7 orang dan akan bertambah. Kami bergerak di bidang distribusi dengan kekuatan ribuan pieces terjual per bulan. Dalam bulan ini akan segera melebarkan sayap di produksi dengan beberapa brand busana muslim remaja dan dailywear di bawah bendera Sasmaya Group.

    ButikSasmaya.com membuka peluang usaha keagenan dan reseller. Mari bertumbuh bersama kami dengan memiliki bisnis online dan berpenghasilan dari rumah. Kami juga membuka kerjasama tenan bagi para produsen untuk bersinergi dalam penjualan busana muslim premium.

    Jenis Produk

    Produk-produk di Butik Sasmaya adalah brand-brand busana muslim branded premium untuk perempuan, laki-laki, dan beberapa model sarimbit keluarga. Total ada sekitar 20 brand busana muslim yang ada di Butik Sasmaya. Style dan brand busana antara lain:

    • CONTEMPORARY MODE: (1) TUNEECA (2) ESME (3) PN FASHION (4) SIMPLY LOOK (5) POEVA (6) ATALLA
    • PREMIUM FORMAL: (1) LVA (2) KURSIEN KARZAI (3) SIKI
    • SYAR’I: (1) MOTIF HAWA (2) P2M (3) VENDRE
    • DAILY CASUAL: (1) SECONDSIGN (2) DEENAY (3) JEENA (4) NETALY

     

    Keunggulan Produk

    1. Produk premium di kelasnya dengan kualitas yang terjamin
    2. Model up to date sesuai perkembangan fashion di Indonesia
    3. Material dan jahitan kualitas butik (produk premium)
    4. Kemudahan bertransaksi via platform sosial media, aplikasi, dan website
    5. Peluang Usaha menjadi AGEN/ Reseller dengan sistem dropship atau grosir.

     

    Profil Wirausaha

    Nama: Arina Manasikana

    Arina Manasikana

    Seorang Ibu Rumah Tangga 2 putra/putri yang senang belajar dan berbagi ilmu. Pernah mengajar di lingkungan pesantren sejak masih kuliah, menjadi salah satu announcer di salah satu radio swasta di Jogja, lalu menjadi penulis dan editor beberapa buku. Panggilan hatinya ternyata menjadi ibu rumah tangga dan berbisnis. Setelah resign dari salah satu penerbitan buku ajar dengan jabatan terakhir sebagai manajer, makin mantap berbisnis dan produktif dari rumah. Dengan dukungan penuh dari suami, mendirikan www.ButikSasmaya.com sejak 2009 hingga sekarang. Kegiatan sehari-hari mengelola bisnis online dan melebarkan sayap usaha sambil terus berbagi ilmu. Punya mimpi bisa memberdayakan banyak perempuan melalui bisnis dan bisa berpenghasilan dari rumahnya tanpa melupakan peran sebagai pendidik utama bagi anak-anaknya. Aktif di beberapa komunitas untuk terus mencari ilmu dan berbagi diantaranya Institut Ibu Profesional, Womenwill, dll.

  • No Records Found

    Sorry, no records were found. Please adjust your search criteria and try again.

    Google Map Not Loaded

    Sorry, unable to load Google Maps API.

  • Leave a Review

    Your email address will not be published. Required fields are marked *

Place Category: Busana