Profile
Profile
Photos
Map
Reviews
Related Listing
  • NOM Indonesia adalah perusahan pemroduksi souvenir dari bahan kain dengan motif pabrikan maupun kain printing dengan motif customize alias sesuai permintaan customer.

    Awal Mula Usaha

    Resign dari pekerjaan di tahun 2015 bukanlah keputusan mudah bagi saya. Apalagi jika belum terpikir akan mengerjakan apa setelah resign. Mungkin itu adalah keputusan paling nekat yang pernah saya ambil. Meski saya tahu pasti, kerinduan terbesar hati saya adalah berwiraswasta. Yang terbersit di benak saya saat itu adalah membeli mesin jahit, entah untuk apa nantinya dan bagaimana cara mengoperasikannya.

    Hanya mengandalkan internet, saya mulai mencari dan mempraktekkan tutorial yang saya peroleh. Lalu tak lupa memotret dan memamerkan setiap hasil karya saya yang sederhana itu ke sosial media. Entahlah, saya merasa tak hanya DIKASIHI Tuhan tapi juga DIKASIHANI. Teman-teman dekat mulai memberi apresiasi atas hasil prakarya saya. Satu demi satu pesanan mulai datang.

    Awalnya saya menggunakan brand NOM Handmade, dimana saat itu saya hanya melayani produksi satuan, yaitu tas dan dompet sederhana bertuliskan nama si pemesan. Lalu NOM Handmade saya ubah menjadi NOM Indonesia, karena menyandang “handmade” itu berat, dikala pesanan souvenir mulai berdatangan.

    Semakin hari NOM Indonesia semakin diberi kepercayaan oleh customer yang membutuhkan souvenir. Setiap pesanan yang masuk tak hanya membawa kebahagiaan bagi saya, namun juga bagi tim kerja saya, baik penjahit, penyablon, maupun agen pengiriman. Karena pesanan-pesanan tersebut ikut mengambil bagian dalam keberlangsungan hidup mereka. Bagi saya, NOM Indonesia bukan sekadar bisnis pada umumnya, tetapi juga ladang pelayanan. Menjadi pelayan tak hanya bicara tentang memberikan layanan terbaik bagi yang membutuhkan produk saya, tetapi juga tentang bagaimana caranya untuk terus mau belajar rendah hati menerima ilmu dan pelajaran baru yang datang dari mana saja.

    Besar harapan saya untuk bisa mengelola NOM Indonesia dalam jangka waktu panjang.

    Perjalanan Usaha

    Keterbatasan tenaga kerja masih menjadi kendala utama kami dalam mengelola produksi souvenir NOM Indonesia. Meski demikian, selama ini masih bisa kami siasati dengan merekrut tenaga kerja lepas serta mengatur waktu produksi sedemikian rupa.

    Di tengah kendala yang kami alami, beruntung sekali kami pernah diizinkan untuk merasakan menjadi pemenang juara III Lomba Souvenir Destinasi Wisata Yogyakarta tahun 2017 serta terpilih menjadi peserta Pameran Inacraft 2019 melalui jalur kurasi Rumah Kreatif BUMN BNI 46.

    Tentunya hal tersebut menjadi pelajaran berharga dan pengalaman yang tak terlupakan bagi perkembangan NOM Indonesia.

    Untuk proses produksi, kami dibantu oleh beberapa tenaga penjahit lepas. Mereka diperkenankan membawa pulang bahan jahitan yang sudah siap dijahit untuk dikerjakan di rumah masing-masing. Lalu dengan batas waktu dan standar aturan baku tertentu yang telah kami berikan, penjahit membawa kembali produk yang telah selesai dijahit kembali ke workshop NOM Indonesia. Selanjutnya akan masuk pada proses finishing, pengemasan, foto produk, lalu pengiriman kepada customer.

    Selama ini NOM Indonesia dibantu oleh 4 penjahit serta 1 tenaga finishing dengan kapasitas produksi sekitar 1000 pcs per bulan. Pemasaran utama yang kami lakukan saat ini adalah melalui internet. Khususnya instagram dan facebook.

    Jenis Produk

    NOM Indonesia memproduksi souvenir berbahan dasar kain, baik menggunakan kain dengan motif pabrikan maupun kain printing dengan motif customize alias sesuai permintaan customer. Item yang kami produksi dapat berupa: pouch, totebag, backpack, card holder, dll.

    Keunggulan Produk

    Seperti yang telah saya sampaikan di atas bahwa NOM Indonesia memproduksi souvenir secara personalized alias menyesuaikan permintaan customer, baik dalam hal model, bahan, ukuran, quantity, hingga desain motif kain. Sehingga produk yang kami kerjakan bisa saja sama, tetapi tak akan pernah benar-benar sama. Karena karakter setiap customer kami tak hanya UNIK, tetapi juga SATU-SATUNYA.

    Profil Wirausaha

    Nama: Intani Yessy Kristina

    Intani Yessy Kristina

    Saya seorang ‘juru masak’ di sebuah dapur kreatif penyedia souvenir berbahan dasar kain. Sebelum menjadi ‘juru masak’, saya pernah ‘menyamar’ menjadi staff Finance sebuah perusahaan EO. Dan ‘penyamaran’ sebagai pengelola finansial masih berlangsung hingga hari ini, tetapi di dapur milik sendiri, yaitu NOM Indonesia-Personalized Fabric Souvenir.

  • No Records Found

    Sorry, no records were found. Please adjust your search criteria and try again.

    Google Map Not Loaded

    Sorry, unable to load Google Maps API.

  • Leave a Review

    Your email address will not be published. Required fields are marked *

Place Category: Kerajinan