Jenazah Eks Gubernur DKI Jakarta Soerjadi Soedirdja Dimakamkan Secara Militer di TMP Kalibata

Prosesi pemakaman eks Gubernur DKI Jakarta Soerjadi Soedirdja telah dilaksanakan pada Selasa (3/8/2021) sore. Almarhum Soerjadi Soedirdja dimakamkan di Blad Z Taman Makam Pahlawan (TMP) Utama Nasional Kalibata, Jakarta Selatan. Jenazah almarhum Soerjadi langsung dikeluarkan dari mobil jenazah dan dibawa ke area pemakaman.

Prosesi pemakaman dari almarhum yang juga merupakan mantan Panglima Kodam (Pangdam) Jaya ini dilangsungkan secara militer. Jajaran TNI dari Markas Besar TNI memberikan penghormatan terakhir kepada jenazah almarhum Soerjadi. Terlihat pula hadir Anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) Agum Gumelar yang dalam upacara militer ini bertindak sebagai Inspektur Upacara.

Adapun prosesi upacara pemakan secara keseluruhan selesai pada pukul 17.20 WIB. Terpantau keluarga hingga pelayat dan saudara dekat almarhum langsung meninggalkan lokasi. Diketahui, Mantan Gubernur DKI Jakarta era 1992 1997 Jenderal TNI (Purn) Soerjadi Soedirdja meninggal dunia pada siang tadi sekira pukul 10.35 WIB.

Kabar duka tersebut tersiar melalui pesan singkat media sosial yang menyatakan jenazah Soerjadi meninggal di RS Mayapada, Jakarta dikarenakan sakit. Jenazah yang juga merupakan mantan Menteri Dalam Negeri RI era 1999 2001 itu dimakamkan pada sore ini sekira pukul 16.00 WIB di Taman Makam Pahlawan Utama Nasional Kalibata. "Akan dimakamkan di kalibata jam 16.00," kata Rachman Muchtar, menantu Soerjadi Soedirdja kepada awak media, Selasa (3/8/2021).

Muchtar menyatakan, Almarhum Soerjadi memang telah lama mengalami sakit yakni sekitar 4 tahun lamanya. Adapun sakit yang diderita Soerjadi yakni terkena stroke. Kata Muchtar, saat dilarikan ke Rumah Sakit Soerjadi sempat tidak sadarkan diri pada Senin (2/8/2021) pagi.

"Berita duka ini, Jam 10.35 dibawa ke RS kemarin pagi dalam kondisi tidak sadar," tuturnya. Dirinya meyakinkan kalau almarhum tidak terpapar Covid 19 dengan hasil swab tes negatif. "Udah 4 tahun lalu stroke, Bukan karena covid, (hasilnya) negatif," tuturnya.

Almarhum meninggal dunia pada usia 82 tahun, meninggalkan dua orang anak dan tiga orang cucu serta seorang istri.

Recommended Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *