Jepang Memasuki Musim Panas, Pemerintah Minta Warganya Tingkatkan Kewaspadaan

Cuaca panas di Jepang, Minggu (18/7/2021) mencapai 36 derajat Celcius di Iwate dan di Hokkaido mencapai 35 derajat Celcius. Pemerintah Jepang memberikan warning kehati hatian kepada rakyatnya. Diketahui seorang pria berusia 70 an tahun ditemukan meninggal di dalam truknya saat istirahat. Pria itu diduga meninggal terkena serangan panas di sebuah lokasi konstruksi di Bunkyo ku, Tokyo, Sabtu (10/7/2021).

Gerakan arus panas Pacific High akan mencakup Jepang bagian barat dan utara pada hari Senin, 19 Juli ini. Diperkirakan bahwa suhu akan naik di wilayah yang luas dan akan ada banyak tempat dengan panas yang hebat 35 ° C atau lebih tinggi. Suhu maksimum yang diperkirakan terjadi adalah 37° C di Kota Wakamatsu (Prefektur Fukushima), Kota Maebashi, Kota Kumagaya, Kota Toyooka (Prefektur Hyogo), dan 36° C di Kota Yamagata/Kota Morioka, Kota Fukushima, Kota Osaka, Kota Tottori.

"Tolong mengambil tindakan untuk menghindari panas, seperti antisipasi terhadap terhidrasi dan tinggal di ruangan yang ber AC," pesannya. Selain itu, pada sore hari ketika suhu naik, kondisi atmosfer menjadi tidak stabil terutama di daerah pedalaman dari Jepang barat hingga Jepang timur, dan ada risiko badai petir lokal. Di sisi lain, diperkirakan akan ada badai petir hebat di lereng tenggara Kyushu dan Shikoku, tempat udara lembab mengalir.

"Berhati hatilah dan waspada terhadap bencana terkait sedimen dan penggenangan dataran rendah. Topan No 6 mungkin mendekati Okinawa pada hari Jumat, 23 Juli. Kepulauan Nansei waspada terhadap angin kencang dan gelombang tinggi." Topan No. 6 diperkirakan akan bergerak ke utara di selatan Jepang, secara bertahap mengubah arahnya dari barat, dan mendekati wilayah Okinawa sekitar Jumat, 23 Juli. Di Kepulauan Nansei, ada tempat di mana angin bertiup sangat kencang hingga Selasa, 20 Juli diperkirakan akan terjadi gelombang besar.

"Waspada terhadap gelombang tinggi dan waspada terhadap angin kencang. Waspadai gelombang tinggi di sisi Pasifik Jepang barat," ungkap peramal cuaca Weather Map. Selain itu, di Kepulauan Nansei, udara hangat dan lembab di sekitar topan mengalir masuk, dan kondisi atmosfer menjadi sangat tidak stabil, sehingga ada risiko badai petir hebat secara lokal. Berhati hatilah dan waspada terhadap bencana yang berhubungan dengan sedimen dan genangan di dataran rendah, dan berhati hatilah terhadap hembusan angin kencang seperti sambaran petir dan angin puting beliung.

Minggu ini, panas yang parah diperkirakan akan berlanjut secara nasional hingga paruh pertama. Akhir musim hujan kemungkinan akan segera diumumkan di wilayah Shikoku, di mana akhir musim hujan belum diumumkan. Di Jepang bagian barat dan timur, ada tempat tempat di mana hari hari panas dengan suhu 35° C atau lebih tinggi berlanjut hingga paruh kedua minggu itu, sehingga pertempuran panas kemungkinan akan menjadi pertempuran jangka panjang. "Tolong lebih berhati hati dalam mengatur kondisi fisik saya agar tidak cepat lelah di musim panas," ujarnya.

Sementara itu beasiswa (ke Jepang) dan upaya belajar bahasa Jepang yang lebih efektif melalui aplikasi zoom terus dilakukan bagi warga Indonesia secara aktif dengan target belajar ke sekolah di Jepang. Info lengkap silakan email: [email protected] dengan subject: Belajar bahasa Jepang.

Recommended Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *