Sukses Kelola Manajemen Risiko, 28 Perusahaan Ini Berjaya di GRC Award 2021

Sebanyak 28 perusahaan yang bergerak di berbagai sektor bisnis seperti BUMN, BUMD dan sektor swasta meraih penghargaan di ajang Best GRC & Performance Exellence Award 2021 yang diselenggarakan baru baru ini di Gading Serpong, Tangerang. Para pemenang di acara yang digelar bekerjasama dengan OCEG USA, FHCI (Forum Human Capital Indonesia), Grajosa Resources, IICD (Indonesian Institute Corporate Directorship) ini mengacu pada hasil analisis para pakar dan profesional di bidang GCG, Strategic Management, Finance, Banking, Insurance, ICT, Riset & Inovasi. Perusahaan perusahaan tersebut dinilai telah mengimplementasikan Governance, Risk and Compliance (GRC) dengan baik sesuai tata nilai dan manajemen risiko yang berlaku di dunia Internasional.

Ketua Penyelenggara GRC & Performance Excellence Award 2020 Irnanda Laksanawan menjelaskan, kegiatan ini merupakan corporate rating tahunan di bidang tata kelola perusahaan, manajemen risiko, dan manajemen kepatuhan (compliance). “Tujuannya untuk mendorong peningkatan bisnis perusahaan melalui pengembangan kebijakan dan implementasi tata kelola perusahaan, manajemen risiko, dan kepatuhan terhadap regulasi secara terintegrasi,” ujarnya. Penilaian terhadap para emenang GRC Award 2021 mengacu pada jawaban yang diberikan atas sejumlah pertanyaan berikut.

Diantaranya, apakah perusahaan itu memiliki komitmen tinggi dalam mengimplementasikan Good Corporate Governance (GCG) atau tidak? Bagaimana strategi yang dilakukan oleh Para CEO dalam menghadapi krisis ekonomi global dan domestic di masa pandemic covid 19? Kemudian, transformasi digital seperti apa yang dijadikan sebagai kunci sukses dalam penerapan GRC di korporasi untuk mendukung kesuksesan? Serta bagaimana tata kelola dan mitigasi risiko yang sudah dilakukan agar menjadi korporasi terpercaya? Dia mengatakan, Kementerian BUMN sudah meluncurkan budaya kerja “Akhlak (Amanah, Kompetensi, Haromins, Loyalitas, Adaptif dan Kolaboratif)” untuk meningkatkan kinerja, daya saing maupun reputasi perusahaan negara maupun instansi pemerintah agar pengelolaan aset negara dapat dioptimalkan.

“Ternyata budaya itu diteladani dengan baik oleh perusahaan perusahaan di bawah naungan BUMN, BUMD, bahkan Perusahaan Swastapun mengikuti,” ujar Irnanda. “Meskipun sebagian besar WFH tapi perusahaan perusahaan beradaptasi secepat mungkin dan tetap memberikan pelayanan yang terbaik,” imbuhnya. Dewi Hanggraeni, Chairman Board of Jury menjelaskan, GRC & Performance Excellence Award 2021 di tahun kedua Covid 19 merupakan momen tepat untuk recovery and reinvention dalam rangka meningkatkan kinerja perusahaan.

“Manfaat dari penerapan GRC tidak diragukan lagi, antara lain dapat sebagai dashboard pencapaian tujuan, meningkatkan budaya sadar risiko, meningkatkan confidence level, mengurangi potensi kerugian, lebih efisien, efektif, meningkatkan daya saing, dan mengoptimalkan nilai perusahaan,” ujar Dewi. GRC & Performance Excellent Award 2021 ini diikuti sekitar 400 perusahaan BUMN, BUMD, dan swasta. Kemudian disaring 40 perusahaan yang memenuhi syarat dan diundang untuk memberikan presentasi maupun wawancaranya dan dtetapkan 28 pemenang.

The Best GRC Overall Corporate Governance & Performance 2021: 1. PT Bank Rakyat Indonesia (Persero), Tbk. 2. PT Maybank Indonesia Tbk. 3. PT Pegadaian (Persero) (Financial Services) 4. PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. 5. PT Bank CIMB Niaga Tbk. (Foreign Banking) 6. PT Jaminan Kredit Indonesia (Jamkrindo) 7. PT Jasa Raharja 8. PT Petrokimia Gresik 9. PT Bukit Asam Tbk.

Recommended Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *